Thursday, October 30, 2008

Sebuah Petuah Bijak Dari Cak Nun

Sebuah Petuah Bijak Dari Cak Nun


Kemarin pagi ketika mau berangkat kerja lewat radio di mobil saya mendengarkan kata-kata/petuah/wejangan atau apalah namanya dari Emha Ainun Nadjib atau biasa dipanggil Cak Nun yang bagus sekali.

Intinya seperti ini, Bahwa kebanyakan orang selama ini selalu tidak fokus dalam mengerjakan pekerjaannya dan pikiran kita dalam mengerjakan sesuatu selalu terbagi dalam beberapa pikiran. Karena wejangan itu masih dalam kaitan dengan bulan Ramadhan, Cak Nun memberi contoh seperti ini, kenapa orang yang berpuasa selalu merasa lapar? tak lain dan tak bukan hal itu dikarenakan orang tersebut tidak fokus dalam menjalankan puasanya, ketika masih pagi hari hal yang dipikirkan oleh kita adalah apa yang akan dimakan sore nanti untuk menu berbuka, sudah terbayang-bayang es sirop buah yang dingin ditambah kolak manis dan juga alangkah nikmatnya bila berbuka dengan menu sate kambing kesukaan kita. Atau lebih jauh lagi, saat kita masih menjalankan puasa kita sudah membayangkan menu makanan lebaran nanti ketupat ditambah opor ayam ..ahh..nikmatnya. Hal seperti itu yang membuat puasa kita selalu tidak fokus dan selalu merasa lapar. Padahal seharusnya dalam menjalankan puasa kita seharusnya selalu fokus dengan keadaan dan situasi yang sedang kita hadapi SAAT ITU. Misal saat jam 9 pagi kita berpuasa ya fokus kita adalah mengerjakan pekerjaan yang saat itu sedang ada dihadapan kita dan jangan sekali-kali membiarkan pikiran kita terbagi dan melayang jauh kedepan.


Atau contoh lainnya, ketika seseorang pria sedang melangkahkan kaki untuk melakukan pdkt dengan seorang wanita, terkadang hal yang dipikirkannya adalah bukan langkah-langkah apa yang dilakukan saat itu supaya hubungannya tambah dekat, tapi terkadang pikiran pria tersebut sudah melangkah jauh ke .. misalnya perkawinan.. atau lebih ekstreem ke bagaimana cara untuk menciumnya… hehehe

Kata-kata Cak Nun itu meresap kedalam pikiran saya karena saya juga sering sangat tidak fokus dalam pekerjaan saya, apalagi sudah satu bulan terakhir ini saya bekerja di bagian pemasaran yang pastinya dibebani target-target dalam memasarkan produk. Melihat target yang besar yang dibebankan kepada saya selalu membuat pikiran saya kadang tidak fokus dan seakan dikejar-kejar target tersebut. Padahal bila melihat kata-kata Cak Nun diatas seharusnya saya fokus dalam melakukan pekerjaan saya SAAT INI dan tidak membiarkan pikiran saya terbagi-bagi seperti apakah saya bisa mencapai target tersebut atau tidak yang pada akhirnya pikiran yang terbagi-bagi tersebut akan membuat pekerjaan yang sedang saya jalankan HARI INI dan SAAT INI juga menjadi tidak fokus dan membuahkan hasil yang tidak maksimal.

Bagaimana dengan Anda apakah mengalami hal yang sama, sering tidak fokus dalam melakukan pekerjaan/aktifitas Anda, semoga tidak.

No comments: