Wednesday, December 31, 2008

TENTANG SETENGAH GELAS AIR

TENTANG SETENGAH GELAS AIR
Oleh Noor Abidin

Apakah gelas ini berisi setengah penuh atau setengah kosong? tanya Indrato kepada saya melalui email. Tanpa pikir-pikir lagi saya jawab emailnya, ”Gelas itu berisi setengah penuh karena saya termasuk selalu berpikir positif dan optimis.”
Tak lama kemudian saya menerima email lagi yang menyatakan bahwa jawaban saya salah. Saya jadi penasaran untuk mencari tahu jawaban yang benar karena yang saya ketahui selama ini jawabannya adalah gelas itu berisi setengah penuh .Ternyata jawabnya bukan setengah penuh atau kosong, namun gelas itu isinya penuh. Lalu saya memberikan argumentasi bukankah airnya hanya setengah. Anda betul yang tampak mata setengah gelas air namun yang tak tampak mata setengah gelas udara, sanggahnya. Kemudian Indra menunjukkan buku „Cracking the Millionaire C.O.D.E“ ditulis oleh Mark Victor Hansen dan Robert G Allen (2006) yang menjelaskan bahwa jawaban saya itu tidak betul.

Kemudian saya berpikir, betul juga apa yang disampaikan kawan tersebut bahwa dibalik yang isi itu ada udara yang mengandung oksigen yang membuat kita dapat bernapas dan hidup. Lebih jauh lagi saya berpikir bahwa kalau saja tidak ada udara dalam tiga puluh menit saya akan mati karena tidak dapat menghirup oksigen. Pernahkah kita bersyukur betapa besar nikmat hidup yang diberikan oleh Allah SWT? Selama ini kita hanya melihat yang kasat mata saja padahal di balik yang kasat mata itu tersimpan kekuatan yang maha dahsyat.

Begitu juga pada saat Anda mengeluarkan sejumlah dana untuk bersedekah secara kasat mata uang Anda berkurang namun di balik itu Anda menciptakan ruang kosong atau ruang vakum yang akan diisi atau menarik berbagai kemudahan-kemudahan. Bisa jadi diisi atau menarik kemudahan - kemudahan pada saat Anda berusaha sehingga mendapatkan hasil yang berlipat ganda.

Sebagaimana yang difirmankan dalam AlQur’an : Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada setiap butir seratus biji, dan Allah melipatgandakan bagi barang siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui. (QS.Al baqarah: 261)

Kesimpulan :
Di balik yang kasat mata itu tersimpan kekuatan yang maha dahsyat. Pada saat Anda mengeluarkan sejumlah dana untuk bersedekah pada hakikatnya Anda menciptakan ruang kosong atau ruang vakum yang akan diisi atau menarik berbagai kemudahan-kemudahan. Bisa jadi diisi atau menarik kemudahan pada saat Anda berusaha sehingga mendapatkan hasil yang berlipat ganda.

No comments: